bla bla bla ....

quotes theresia likes


"Berputar menjadi sesuatu yang bukan kita, demi bisa menjadi diri kita lagi."— Dee

Jumat, 24 Desember 2010

Malam Kudus


"Sejarah adalah saksi dari sang waktu, obor daripada kebenaran, nyawa dari pada ingatan, guru daripada ingatan, dan pembawa warta dari masa lalu" - cicero,108-43

Gw yakin semua orang pasti tau lagu malam kudus, lagu yang setiap malam natal kita nyanyiin, lagu yang kalau belum dinyanyiin belum kerasa lengkap natalannya,yah kayak lagu wajibnya malam natal lah,dan kalau lu masih belum tau juga buka kidung jemaat lu dan cari no.92 dan kalau ternyatalu gak punya kidung jemaat atau ternyata pas banget kidung jemaat lu lagi ilang, itu derita lu.
okey back to the topic

kenapa gw bahas topik ini?karna gw gak yakin semua orang tau sejarah lagu ini?dan menurut gw kalian harus tau gimana asal muasalnya lagu malam kudus ini

gw sendiri baru tau sejarah lagu ini setelah dikasih tau nyokap gw sekitar 2 minggu-an yang lalu, setelah gw denger kisah orang yang nulis lagu ini gw mulai nge search di om google tentang informasinya dan akhirnya gw nulis posting ini sekalian jadi renungan natal kita

so,lets chek it out

Malam kudus atau silent nigh dalam bahasa inggris atau stilee nacht dalam bahasa jerman dibuat oleh seorang pria muda yang bekerja sebagai pelayan gereja atau tepatnya seorang asisten pastor yang menjadi pastor pada umur 26 tahun di mariaphaar kawasan perbukitan alpen-austia pada tahun 1816.

Joseph Mohr pengarang lagu ini adalah anak yang lahir di luar nikah dari pasangan
Joseph Franz Mohr dan Anna Schoiberin,

Anna Schoiberin terpakasa membiarkan anaknya diangkat oleh Frans Joseph Wolhmut

untuk membar denda karna mengandung Joseph Mohr



karna masa lalunya yang tak bewarna inilah dia menulis lagu stile nacht dia menulisnya untuk mereka yang tidak boleh mengikuti misa gereja untuk mereka yang lahir dari pasangan di luar nikah,untuk mereka yang tersisih dari masyarakat , karna dia tau YESUS lahir ke dunia untuk semua orang bukan hanya untuk mereka yang kaya dan terpandang tapi juga untuk mereka yang miskin dan mereka yang terbuang

Pada akhir hayatnya dia meninggal dengan keadaan yang sangat tidak layak, hampir seluruh hartanya dia berikan kepada anak terlantar, janda miskin,anak yatim piatu yang dia anggap sebagai anaknya sendiri , ia di makamkan di Wagrin secara sangat sederhana pada usia 56 tahun di tahun 1948.

Dan sekarang 202 tahun setelah lagu ini diciptakan,kita akan selalu mendengar Stile Nacht berkumdang di seluruh dunia dengan bahasa yang berbeda dan setelah membaca kisah hidupnya ini gw berharap saat kita denger lagu ini nanti malam kita akan teringat tentang kisah hidupnya yang bercerita bahwa YESUS lahir untuk semua orang tepatnya untuk KITA SEMUA .

Merry Christmas all :D


disunting dari
warta GBKP maranata edisi 237


-reisha wakeup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar